Templates by BIGtheme NET
Home / Ajatappareng / 65 Warga Watang Pulu Diberi Motivasi Wasbang Cinta Tanah Air
WhatsApp Image 2018-12-06 at 14.14.11

65 Warga Watang Pulu Diberi Motivasi Wasbang Cinta Tanah Air

SIDRAP, Penarakyat.com — Sebanyak 65 warga kecamatan Watang Pulu Kabupaten Sidrap mendapatkan materi wawasan kebangsaan dan motivasi mencintai tanah air, Kamis (06/12/2018).

“Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk memberikan pembinaan dengan menanamkan nilai-nilai wawasan kebangsaan kepada masyarakat, khususnya warga Desa Lainungan kecamatan Watang Pulu Sidrap ini,” ujar Plt Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Sidrap, Drs. H. Andi Baharuddin, M.Adm, Pem sekaligus membuka resmi acara tersebut.

Dia menambahkan, kegiatan ini untuk memberikan pemahaman tentang wawasan kebangsaan dan pentingnya bela negara bagi seluruh warga Indonesia.

“Karena ini merupakan kewajiban kita semua selaku warga negara,”lontar Andi Baharuddin mewakili Bupati Sidrap H. Dollah Mando.

Dalam acara itu, sejumlah pemateri dihadirkan dalam memberikan pemahaman pada masyarakat diantaranya Danramil 03 Maritengngae Kapten Inf. Haryono Mansyur, Legislator Sidrap asal partai Demokrat Sudarmin Baba, dan dari Badan Kesbangpol Supratman.

Haryono Mansyur dalam pemaparan materinya mengatakan, daam Wasbang ini, ada tiga komponen yang wajib diketahui masyarakat dalam kegiatan bela negara seperti komponen utama, komponen pendukung, dan komponen cadangan.

“Dalam hal ini, komponen utama adalah TNI. Di mana pelaksanaannya operasi perang. Selain itu, melaksanakan kegiatan wawasan kebangsaan itu ditunjang komponen pendukung seperti pemerintahan dan komponen cadangan adalah segenap organisasi masyarakat,”jelas Haryono.
Wasbang Watangpulu

Sementara, Legislator dua periode Sudarmin Baba, SH menjelaskan dalam materinya, setiap warga Indonesia harus diberi edukasi wawasan kebangsaan. “Tujuannya, yaitu Membangun karakter setiap manusia itu perlu. Kalau kita tidak membangun karakter dari awal, tentu kedepan masyarakat tidak punya identitas. Identitas warga itu apa ? Yah identitas setiap warga itu, harus tahu betul ideologi bangsanya, tahu betul sejarah bangsanya sendiri, memahami apa itu Pancasila, memahami apa itu UUD 1945. Jadi identitas itu sebenarnya karakter dari manusia Indonesia. Indonesia ya Indonesia bukan yang lain,”pungkasnya.

Yang terpenting, sambung Sudarmin, yakni terus mengutamakan semangat bela negara sebagai bagian dari rasa cinta tanah air, sistem pertahanan semesta dan bahaya laten narkoba.

Sementara itu, diakhir pemateri wawasan kebangsaan, Supratman mengajak seluruh masyarakat Watangpulu untuk mencintai tanah airnya sendiri dengan berbagai cara, seperti mencatatkan prestasi dan mengharumkan bangsa ini, mendedikasikan dirinya kepada lingkungan, mampu mengimplementasikan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari serta memahami makna dari Bhinneka Tunggal Ika.

“Toleransi antar umat beragama sangat penting untuk menjaga persatuan dan kesatuan. Bangsa ini lahir juga berlatarbelakang kemajemukan dan kemajemukan itu fakta dari sejarah bangsa ini. Saling menghargai satu sama lain saat menjalankan ibadah sesuai kepercayaannya masing-masing ,juga merupakan implementasi dari keurukunan antar umat beragama,” tandas Supratman.

Acara rutin Kesbangpol di kecamatan Watangpulu, tepatnya di Desa Lainungan ini dimulai pukul 09.00 wita hingga berakhir pukul 17.00 wita, dan berjalan lancar sesuai rencana. (Ady)

About penarakyatcr1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful