Templates by BIGtheme NET
Home / Ajatappareng / Begini Keseharian Tim Khusus ‘Pelangi’ Polres Sidrap..
IMG-20180123-WA0017

Begini Keseharian Tim Khusus ‘Pelangi’ Polres Sidrap..

SIDRAP, Penarakyat.com — Tak hanya kota-kota besar aparat Kepolisian punya tim khusus. Namun, di Kabupaten Sidrap juga punya tim unit khusus menghajar para penjahat yang mengganggu ketenangan dan kenyamanan masyarakat.

Seperti yang terbentuk secara alami, jajaran Polres Sidrap punya petugas anti Bandit. Aparat gabungan Satuan Reskrim dan Sabhara menamakan diri Tim Jatanras (Kejahatan dan Kekerasan).

Namanya juga pasukan unit, yah pastilah juga namanya unit. Tapi orang-orang di dalamnya tidak unit loh. Manusia biasa juga kok.

Namanya, Pasukan Pulang Pagi atau disebut ‘Pelangi’. Selama ini, kita tidak pernah ketahui, jika merekalah yang berjaga-jaga, dan mengamankan wilayah Sidrap selama 24 jam setiap harinya.

Cara kerja mereka tak mengenal waktu bila memburu penjahat, hampir siang-malam mereka silih berganti tugas menjaga Kamtibmas wilayah hukum Mapolres Sidrap.

Bahkan, jika mendapat laporan masyarakat terkait perbuatan kriminal. Para petugas pilihan ini, tak mengenal lelah mengungkap kasus tersebut.

1 kali 24 jam setiap harinya mereka melakukan patroli, pengejaran maupun penangkapan target tersangka sebagai terlapor.

Terkadang ada hasil memuaskan mengungkapkan sebuah kasus kriminal. Baik yang rumit maupun tipiring. Tapi tidak sedikit pula, membawa hasil nihil ataupun tangan hampa.

Namun hal itu, tidak membuat mereka berputus asa. Diketahui Polres Sidrap diakhir tahun 2017 lalu, menempati urutan pertama mengungkap tersangka Target Operasi atau TO se-Jajaran Polda Sulsel, dengan pengungkapan 6 dari 7 orang TO berhasil ditangkap.

Semua itu, campur tangan dan kerja keras tim unit ini yang hanya berjumlah terbatas orang-orang di dalamnya.

Pasukan Pulang Pagi ini di komandoi dua Kasat yakni Reskrim dan Sabhara dan dibawah kendali penuh Kapolres Sidrap AKBP Ade Indrawan, SIk, MH.

Saat diminta tanggapannya, Kasat Sabhara AKP Galigo Suryadi mengaku hal yang dilakukan tim Jatanras ‘Pelangi’ ini adalah hal biasa selaku aparat kepolisian dan merupakan sebuah kewajiban dan tanggung jawab memberikan pelayanan Kamtibmas.

“Yah, biasalah Tim Anti Bandit kami ini, biasa disebut ‘Pasukan Pulang Pagi’. Mereka sudah biasa pulang pagi, dan para keluarganya sudah memaklumi pekerjaan penuh resiko ini,”ungkap AKP Galigo kepada media ini.

Sasaran tim ini, lanjut dia, tak hanya penciptaan Kamtibmas, juga intens melakukan giat Patroli setiap malam dengan menangani balapan liar, curanmor, curas, dan mengantisipasi adanya gangguan kamtibmas lainnya di wilayah hukum Polres Sidrap.

“Apalagi jelang Pilkada ini, mereka juga sekaligus melakukan patroli di setiap rumah balon bupati, komisioner KPU, Panwaslu dan mengantisipasi adanya gangguan demi terciptanya Pilkada Sidrap yang aman, nyaman dan damai,”pungkasnya. (Ady)

About penarakyatcr1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful