Templates by BIGtheme NET
Home / Ekobis / EEES Berhasil Gulirkan Ternak Sapi
Seorang penerima manfaat menyerahkan sapi yang di gulirkan ke penerima manfaat selanjutnya
Seorang penerima manfaat menyerahkan sapi yang di gulirkan ke penerima manfaat selanjutnya

EEES Berhasil Gulirkan Ternak Sapi

GILIRENG, Penarakyat.com -Program pemberdayaan yang dilakukan Energy Equity Epic (Sengkang) Pty. Ltd – EEES  untuk masyarakat di sekitar operasi perusahaan menuai hasil. Melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) EEES menangkap potensi ternak sapi di wilayah sekitarnya dengan melaksanakan program ternak sapi bergulir. Hal itu terungkap pada acara perguliran ternak sapi bergulir baru-baru ini di Desa Alausalo Kec. Gilireng.

Program yang dirintis  pada tahun 2012 ini mengusung ide pemberdayaan yang kental, dimana masyarakat dalam bentuk kelompok yang terdiri dari 6-8 orang diberikan masing-masing satu ekor sapi betina, sapi ini kemudian mereka pelihara dan kembangbiakkan, setelah 2 tahun atau telah mempunyai anak 2 ekor, anggota kelompok kemudian mengembalikan uang 6 juta kepada pendamping kelompok yang nantinya dibelikan sapi untuk anggota kelompok lainnya.

“Ide perguliran ini adalah hasil koordinasi kami dengan pemerintah Kabupaten Wajo utamanya Kadis Pertanian dan Asisten II Setda Wajo” kata Humas EEES Baso Firman, “Waktu itu, disepakati bahwa peternak yang telah memenuhi syarat harus mengembalikan uang untuk kemudian dibelikan sapi yang sesuai standar baik mengenai kesehatannya maupun besarnya, supaya penerima perguliran berikutnya juga mendapatkan sapi yang berkualitas” tambah  Baso.

Untuk menjamin kesinambungan Program CSR  ini didampingi  oleh salah satu staf  Dinas Pertanian Kab. Wajo Drh. Bone Ramadhan, pendamping ini bertugas untuk melakukan verifikasi ternak  bantuan baik dari kesehatannya dan ukurannya disamping itu juga melakukan pemeriksaan kesehatan berkala dan melakukan pengobatan bila ada ternak yang sakit.

Mencapai 124 ekor

Hingga saat ini EEES telah menyalurkan sejumlah 70 ekor sapi kepada 11 kelompok ternak  yang tersebar di Desa Lamata, Poleonre, Alausalo, Arajang , Macanang dan Laerung. “ Pekembangannya sangat baik, sampai saat ini jumlah ternak sudah mencapai 124 ekor” kata pendamping program Drh. Bone. Bukan hanya populasinya yang meningkat tetapi program ini juga telah berhasil menggulirkan ternak sapi ke penerima selanjutnya dengan baik, sehingga manfaat program ini telah dinikmati oleh lebih banyak anggota masyarakat di sekitar perusahaan, “ Perguliran telah sukses kita laksanakan di Desa Poleonro dan Alausalo, dan akan menyusul desa-desa lainnya” pungkas Drh. Bone.

About penarakyat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful