Templates by BIGtheme NET
Home / Liputan Khusus / Energy Equity Pelopor Biogas Standar BIRU
Boigas yang telah dinimati warga untuk keperluan memasak sehari-hari
Boigas yang telah dinimati warga untuk keperluan memasak sehari-hari

Energy Equity Pelopor Biogas Standar BIRU

Boigas yang telah dinimati warga untuk keperluan memasak sehari-hari

Boigas yang telah dinimati warga untuk keperluan memasak sehari-hari

LIPUTAN KHUSUS, Penarakyat.com – Blok Sengkang dioperatori oleh Energy Equity Epic (Sengkang) Pty Ltd berdasarkan kontrak bagi hasil (production sharing contract/PSC) di bawah pengawasan dan pengendalian SKK Migas , melalui program Tanggung Jawab Sosialnya telah menjadi pelopor program biogas pertama di Kabupaten Wajo, Sulsel.

Biogas tersebut kini menjadi salah satu program dinas pertanian dan peternakan Kabupaten Wajo  bekerja sama dengan negara matahari terbit, Jepang.

“Program ini muncul berawal dari kunjungan Tim Biogas Rumah (BIRU) yang menyambangi kantor Energy Equity pada tahun 2012 lalu untuk mensosialisasikan program biogas rumah dengan menggunakan kotoran ternak sapi. Kotoran ternak sapi tersebut akan diproses melalui reaktor biogas yang dibangun dengan teknologi sederhana namun bergaransi sampai belasan tahun” menurut informasi  Humas Energy Equity, Baso Firman.

Saat itu, Tim Biogas Rumah (BIRU)  yang dipimpin oleh Ibu Siti Faridah Razak, diterima oleh Administration Supervisor Energy Equity  Andi Gustina dan tim  membahas peluang kerjasama pemanfaatan biogas untuk menjadi energi alternatif ramah lingkungan bagi masyarakat di sekitar daerah operasi Energy Equity melalui program Tanggung Jawab Sosial.
Blok Sengkang dioperatori oleh Energy Equity berdasarkan kontrak bagi hasil (production sharing contract/PSC) di bawah pengawasan dan pengendalian SKK Migas ini sejak awal berkomitmen untuk mendukung program Tanggung Jawab Sosial yang berwawasan lingkungan menyambut baik program ini, dan berkomitmen untuk menjadi katalisator yang memprakarsai penerapan teknologi tepat guna ini di masyarakat.

Komitmen ini diwujudkan dengan membangun proyek percontohan biogas di SMP 4 Gilireng di Lamata dimana Energy Equity menyiapkan material dan biaya tukang, sedangkan pihak BIRU menurunkan tenaga ahli yang membimbing tim pekerja yang dikepalai langsung oleh Darmawangsa yang saat itu juga menjabat sebagai Kepala Sekolah SMP 4 Gilireng

Reaktor Biogas Bersandar BIRU

Reaktor Biogas Bersandar BIRU

Kepala Sekolah SMP 4 Gilireng, Darmawangsah juga mengatakan, alih teknologi tersebut berlangsung dengan mulus dan sampai saat ini tim yang dibentuknya telah berevolusi menjadi salah satu badan usaha mitra BIRU yang dipercaya membangun ratusan reaktor biogas berstandar.

“Kami yakin reaktor gas ini berstandar dan bergaransi baik di kabupaten Wajo maupun di kabupaten tetangga,” ungkap Darmawangsah. (cr2)

About penarakyat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful