Templates by BIGtheme NET
Home / Ajatappareng / Genjot Percepatan PTSL 2019, Kepala BPN Sidrap Lantik Panitia Ajudikasi PTSL
IMG-20190114-WA0131

Genjot Percepatan PTSL 2019, Kepala BPN Sidrap Lantik Panitia Ajudikasi PTSL

SIDRAP, Penarakyat.com — Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) merupakan salah satu program pemerintah pusat dalam mensertipikatan tanah masyarakat.

Selain hal tersebut, juga dapat menekan angka sengketa tanah dan dapat mencegah kasus tanah bagi masyarakat.

Seperti halnya mensukseskan program PTSL tahun 2019 di Sidrap, ada 6 Desa yang ditetapkan sebagai lokasi PTSL tahun 2019

Sebelum melaksanakan tugas sebagai tim ajudikasi di Enam Desa tersebut, terlebih dulu dilakukan pelantikan dan pengambilan sumpah terhadap Panitia Ajudikasi, PTSL termasuk aparat desa,di ruang Aula Nene Mallomo Kantor BPN Kabupaten Sidrap, Senin (14/01/2019).

Dalam sambutannya, Kepala BPN Sidrap Syamsuddin, K, S,Sit, MH mengatakan kabinet kerja yang telah dilantik ini bertugas melaksanakan dan menyelesaikan percepatan PTSL TA 2019 dengan penuh rasa tanggung jawab.

“Saudara-saudara adalah kabinet dari Kantor Pertanahan Kabupaten Sidrap. Kalian membawa mandat dari Menteri Agraria atas nama Pemerintah RI. Kabinet ini dibentuk untuk menyukseskan pelaksanaan PTSL di Kabupaten Sidrap TA 2019,” ucapnya saat mengambil sumpah para panitia Ajudikasi, siang tadi.

IMG-20190114-WA0095

Syamsuddin berharap semua stake holder yang terkait saling bersinergi satu sama lainnya. “Saya harapkan Panitia Ajudikasi, Tim Satgas Yuridis, Fisik dan Administrasi PTSL TA 2019 yang sudah saya lantik agar benar-benar bekerja profesional, saling koordinasi satu sama lainnya. Terutama memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam melaksanakan pendataan,”ucapnya.

Sementara keenam Desa yang ditetapkan sebagai lokasi PTSL 2019 diantaranya Desa Kanie kecamatan Maritengngae dengan jatah 700 bidang fisik dan target Yuridis 200 bidang, Desa Otting kecamatan Pitu Riawa target fisik 1.500 bidang dan 500 bidang target Yuridis.

Sementara 4 Desa lainnya yang kesemuanya di Kecamatan Dua Pitue yakni desa Bila dialokasikan 2.150 bidang fisik dan 650 bidang Yuridis, dan Desa Kalosi Alau dialokasikan 1.967 fisik dan Yuridis 1.967 bidang, Desa Kampale iya jatahnya 1.641 bidang fisik dan Yuridis sama 1.641 bidang.

Sementara desa terakhir dialokasikan PTSL yakni Padangloang Alau dengan target Fisik dan Yuridis itu 542 bidang.

Kepala BPN Sidrap juga membeberkan enam Desa penerima manfaat itu telah dipetakan, sebelum ditetapkan sebagai lokasi program PTSL tahun 2019.

Sebab, katanya, kabupaten Sidrap menjadi salah satu daerah prioritas pengalokasian program PTSL dari BPN pusat.

Alasannya, Program PTSL tahun 2018 lalu telah 100 persen rampung sebelum bulan Desember. “Alhamdulillah, tahun 2019 Sidrap ditambah hingga 10 ribu bidang sertifikat Setiap tahun kabupaten Sidrap selalu tercepat penyelesaian, bahkan di jajaran Kanwil Sulsel, Sidrap menempati urutan 1,”lontarnya.

Kabupaten Sidrap, sambungnya lagi, tahun 2019, kabupaten Sidrap di targetkan 5.500 bidang masing-masing K1 dan K3 dan 4.500 bidang yang akan dipetakan.

Sementara jumlah desa penerima manfaat sebelumnya telah gencar melakukan sosialisasi terhadap masyarakat guna menyukseskan PTSL 2019.

Seperti langkah diambil perangkat desa melakukan sosialisasi kepada masyarakat melalui berbagai pertemuan.

Bahkan, dari pemerintah desa juga membuka pelayanan di balai Desa. Bagi masyarakat yang ingin mendaftarkan tanahnya diharapkan segera melengkapi kelengkapan pensyaratan yang ditetapkan.

Bagi masyarakat yang sudah masuk program PTSL dihimbau untuk segera mempersiapkan surat surat tanahnya.

“Bagi warga yang belum memiliki surat penguasan tanah dapat mengurus di kantor desa setempat,” tandas Syamsuddin. (Ady)

About penarakyatcr1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful