Templates by BIGtheme NET
Home / Ajatappareng / Paguyuban Pemantau Demokrasi: Survei CRC Tidak Bisa Dipercaya
IMG-20180614-WA0027

Paguyuban Pemantau Demokrasi: Survei CRC Tidak Bisa Dipercaya

MAKASSAR, Penarakyat.com — Celebes Research Center (CRC) sebagai salah satu lembaga survei di Sulsel kembali merilis sejumlah survei jelang pilkada serentak di Sulsel, di antaranya Pilkada Wajo.

Dalam survei tersebut, CRC yang dimotori oleh Herman Heizer menyatakan bahwa Pasangan calon bupati dan wakil bupati Wajo, Baso Rahmanuddin-Anwar Sadat (BARAKKA), mengungguli pasangan Amran Mahmud-Amran SE (PAMMASE) jelang pencoblosan Pilkada Wajo 27 Juni 2018.

Dari survei yang diambil pada 23-31 Mei 2018, pasangan BARAKKA meraup elektabilitas 51,5 persen.

“Sementara pasangan Amran Mahmud dan Amran SE meraih elektabilitas 34,3 persen,” papar Wahyuddin, Direktur Riset CRC.

Dalam surveinya pula, ditemukan masih ada 14,3 persen yang tidak tahu atau tidak menjawab.

Menanggapi hal tersebut, Paguyuban Pemantau Demokrasi Sulsel (PPDS) menegaskan bahwa rilis yang diumumkan oleh CRC tersebut tidak dapat dipercaya.

Betapa tidak, pada pilkada sebelumnya waktu di Kabupaten Takalar. Herman Heizer mengatakan bahwa pasangan Burhanuddin-Nojeng (Bur-Nojeng) menang telat di atas 63 persen. Jauh meninggalkan lawannya Syamsari Kitta-H Dedde).

“Padahal kenyataannya, hanya berselang sekitar sepekan survei itu berbalik dan justru Bur-Nojeng kalah dari Syamsari Kitta. Inilah pelajaran yang harus kita petik dari survei CRC. Bahwa surveinya tak bisa dipercaya,” ujar Koordinator PPDS, Wahyuddin, Kamis (14/08/2018).

Hasil pilkada Takalar memang membuat CRC tak lagi menjadi lembaga riset yang dipercaya oleh para politisi di Sulsel. Bahkan di Pilgub Sulsel saja, saat empat pasangan kandidat telah memiliki masing masing konsultan riset, seperti LSI, JSI, Indobarometer dan lain lain, justru tidak ada satupun kandidat yang menggunakan jasa CRC. (Ady)

About penarakyatcr1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful