Templates by BIGtheme NET
Home / Ajatappareng / Pelaku Catut Nama Kapolres Diancam Pasal ITE…
IMG-20180107-WA0040

Pelaku Catut Nama Kapolres Diancam Pasal ITE…

SIDRAP, Penarakyat.com — Pelaku penipuan ala sobiz yang menyebabkan seorang pengusaha ternama di Kabupaten Sidrap harus menjadi korban.

Dalam kasus ini, Kapolres Sidrap AKBP Ade Indrawan dicatut namanya dengan meminta uang sebesar Rp35 juta melalui transfer rekening Banking pada tanggal 30 Desember 2017 lalu.

Pelaku yang bernama Baharuddin alias Bahar (43) yang belakangan diketahui warga asli asal Anabanua Kabupaten Wajo ini, ditangkap di Cilangkap kecamatan Tapos Kota Depok, Jawa Barat, Sabtu (06/01/2018).

“Alhamdulillah, kasus ini berhasil kita ungkap dan kita tangkap pelakunya oleh tim Resmob Reskrim dibackup tim Jatanras Polda Sulsel, di Bogor Jawa Barat,”ungkap Kapolres Sidrap AKBP Ade Indrawan dalam dirilisnya, Minggu malam, (07/01/2018).

Kasus ini sudah jelas oleh pelaku yang memanfaatkan situasi untuk melakukan modus penipuan.

Namun, sayang polisi tidak berhasil menyita uang tunai sebanyak Rp35 juta hasil penipuan sobiz.

“Pengakuan tersangka, pelaku hasil uang penipuan itu dihabiskan untuk foya-foya pada malam pergantian tahun di Jakarta,”ungkap Ade dalam press releasenya, didampingi Wakapolres Kompol H. Sudarno.

Selain pelaku, polisi juga menyita barang bukti berupa 4 buah ATM terdiri 3 Bank BRI dan 1 buah ATM BNI serta SIM atas nama tersangka.

Ada juga dua buah handphone yang dipakai pelaku beraksi. “Kita dalami kasus, masih ada rekannya yang ikut beraksi dan sementara kita kejar. Identitasnya kita sudah kantongi,”terang Ade Indrawan.

Untuk pasal yang disangkakan, pelaku lanjut Kapolres Sidrap, tersangka diancam pasal 45A ayat (1) Jo Pasal 28 ayat (1) UU ITE Nomor 19 tahun 2016, Perubahan UU Nomor 11 tahun 2008 tentang hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan sehingga merugikan komsumen.

“Dalam transaksi elektronik, tersangka terancam 6 tahun penjara. Kita juga ancam tindak pidana penipuan diatur Pasal 378 KUHP dengan ancaman 4 tahun penjara,”tegasnya.

Sementara, tersangka Bahar mengaku dirinya mencatut nama AKBP Ade Indrawan karena momen pergantian pejabat Kapolres Sidrap yang baru.

“Iseng saja saya telpon pengusaha di Sidrap dan berhasil. Uang itu saya foya-foya malam tahun baru dan sebagian saya berikan dua istri saya yakni Nia dan Satriani,”ucap Bahar saat ditanya media. (Ady)

About penarakyatcr1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful