Templates by BIGtheme NET
Home / Bosowasi / Pemkab Soppeng Resmi Lounching Bansos Rastra
IMG-20180705-WA0068

Pemkab Soppeng Resmi Lounching Bansos Rastra

SOPPENG, Penarakyat.com — Bupati Soppeng H. A. Kaswadi Razak, SE menghadiri Launching Program Bantuan Sosial Pangan (Bantuan Sosial Rastra) Kabupaten Soppeng melalui APBD tahun anggaran 2018 di Perum Bulog Kanlog Soppeng Jl Laburawung Kelurahan Lapajung, Kecamatan Lalabata, Kamis (05/07/2018).

Kadis Sosial Kabupaten Soppeng Drs. H. Nurdin, MSi dalam laporannya menuturkan Tujuan Bantuan Sosial Pangan (Bantuan Sosial Rastra) untuk mengurangi beban masyarakat berpendapatan Rendah dalam hal ini Keluarga Penerima Manfaat (KPM) melalui pemberian Bantuan Sosial berupa Beras Berkualitas Medium kepada KPM dengan jumlah jatah 10 Kg Setiap bulannya tanpa dikurangi harga / biaya tebus.

Manfaat Bantuan Sosial Pangan (Bantuan Sosial Rastra) sebagai berikut pertama yaitu Peningkatan Ketahanan Pangan ditingkat KPM, sekaligus sebagai mekanisme Perlindungan Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan.

Kedua adalah Peningkatan akses Pangan baik secara fisik (beras tersedia di titik Distribusi) maupun Ekonomi (disalurkan beras tanpa dikenakan harga / biaya tebus) kepada KPM,

Dan yang ketiga yakni Sebagai pasar bagi Hasil Usaha Tani Padi. Begitu pula keempat adalah Stabilitas harga beras di pasaran.

Serta kelima Pengendalian Inflasi melalui Intervensi Pemerintah dan menjaga stok Pangan Nasional 6. Membantu pertumbuhan Ekonomi Daerah.

Program Bantuan Sosial Pangan (Bantuan Sosial Rastra) untuk Kabupaten Soppeng melalui Dana APBD sejumlah 1.462 KPM melalui Bantuan Sosial berupa Beras berkualitas Medium setiap bulannya selama 9 bulan tanpa dikenakan harga/biaya tebus dari Pemerintah Pusat melalui Dana APBD Tahun 2018, dan Pada Hari ini tepatnya Hari Kamis tanggal 5 Juli 2018 akan dilaksanakan Launching Pendistribusian Perdana.

Bupati Soppeng H. A. Kaswadi Razak, SE dalam sambutannya menuturkan Pemerintah Daerah telah mencoba untuk membuat papan nama di setiap rumah warga penerima rastra dan sudah ada warga yang tidak mau lagi menerima beras rastra karena merasa sudah mampu dan juga malu di pasangi papan rumahnya.

“Kami harapkan kepada Aparat petugas supaya senantiasa bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat serta Desa dan Lurah agar bisa menyampaikan ke tingkat Kabupaten kalau masih ada masyarakat kita yang kurang mampu yang belum mendapatkan bantuan rastra,”ungkap H. Kaswadi.

Untuk itu, pihaknya juga terus berusaha agar masyarakat yang berhak menerima rastra bisa mendapatkan bantuan semua secara merata.

“Kita harus seleksi agar betul-betul warga miskin berhak menerima Rastra. Kami juga mengharapkan Kementrian Sosial agar dapat memberikan sosialisasi terkait bantuan rastra kepada masyarakat. Alhamdulillah melalui kerjasama dengan Bulog hari ini kita mencoba launching pendistribusian perdana Bantuan Sosial Pangan (Bantuan Sosial Rastra) Kabupaten Soppeng melalui APBD tahun anggaran 2018,”papar mantan Ketua DPRD Soppeng ini.

Ditempat sama, Kadis Sosial Soppeng H. Nurdin menambahkan, dari 1.462 KPM melalui subsidi rastra ini tentunya sama dengan APBN yaitu 10 Kg selama 9 bulan karena dimulai April 2018.

Akumulasi harga bantuan rastra ini Rp. 1.315.000.000 dan itu semua di gratiskan untuk masyarakat.

“Insya Allah tahun yang akan datang kita akan coba evaluasi lagi mudah mudahan APBD Daerah memungkinkan untuk kita laksanakan lagi. Saya yakin karena ini adalah program prioritas Pemerintah Daerah yaitu Pemerintahan yang melayani dan lebih baik,”lontar Nurdin.

Sementara ini kami juga berusaha agar tidak ada lagi masyarakat yang tidak terlayani di pelayanan kesehatan. Dalam hal ini semua berhak mendapatkan BPJS gratis bagi masyarakat yang kurang mampu.

Launching perdana Program Bantuan Sosial Pangan ini melalui APBD tahun anggaran 2018 Kabupaten Soppeng yang ini ditandai dengan pengibaran bendera start oleh Bupati Soppeng.

Turut hadir dalam kegiatan ini Anggota Forkopimda Soppeng, Kepala SKPD terkait, Perwakilan Camat se kabupaten Soppeng serta tamu undangan lainnya. (rls)

About penarakyatcr1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful