Home / Bosowasi / Perkuat Ekonomi Desa, EEES Bantu BUMDesa
IMG_20200710_153747

Perkuat Ekonomi Desa, EEES Bantu BUMDesa

Gilireng,  penarakyat.com – Kepedulian Energy Equity Epic Sengkang Pty. Ltd (EEES) terhadap penguatan ekonomi desa disekitar area operasinya kembali ditunjukkan dengan membantu permodalan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di desa terdekat dalam wilayah operasinya.

Setelah sukses melaksanakan pelatihan peningkatan kapasitas pengelolah Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) se kecamatan Gilireng tahun 2018 lalu, perlahan namun pasti, Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS) Blok Migas Sengkang ini mulai membantu permodalan BUMDesa dengan memberikan material modal kerja kepada BUMDesa di sekitar daerah operasinya. Pada tahun 2019 EEES memulai program penguatan BUMDesa ini dengan memberikan bantuan peralatan percetakan digital kepada “Barumpunk Creative” salah satu unit usaha dari BUMDesa Polenro Kecamatan Gilireng. Melalui pendampingan dari tenaga ahli pendamping desa, Unit usaha yang digawangi oleh pemuda pemuda Desa Poleonro tersebut saat ini sudah berhasil memproduksi cetakan sablon baju konveksi dan meterial cetak lainnya.

IMG_20200710_154338

Lain halnya dengan desa sebelahnya, Desa Abbatireng, melalui analisa perencanaan bisnis BUMDesa Abbatireng memilih untuk mendirikan unit usaha yaitu Depot Air Minum Isi Ulang. Hal ini tak terlepas dari potensi desa yang saat ini telah memiliki jaringan air bersih yang juga merupakan hasil program CSR tahun 2013 yang lalu.
Melalui Program CSR bidang Ekonomi, Energy Equity kembali menunjukkan kepeduliannya akan pentingnya penguatan BUMDesa sebagai pilar ekonomi Kemandirian desa dengam memberikan seperangkat peralatan depot air minum isi ulang kepada BUMDesa Abbatireng. Program CSR Bidang Ekonomi ini digarap pada akhir tahun 2019 akhirnya dapat diserahke ke Direktur BUMDesa Abbatireng pada Jumat 10 Juli 2020, setelah tertunda akibat wabah pandemi COVID19. Diharapkan dengan hadirnya depot air minum isi ulang ini dapat menambah penghasilan BUMDesa sekaligus menjamin tersedianya air minum yang sehat bagi werga Desa Abbatireng dan sekitarnya.

IMG_20200710_154008

CSR Supervisor EEES Andi Gustina menjelaskan bahwa untuk mendukung pengembangan BUMDesa, perusahaan senantiasa berkoordinasi dengan pihak pihak terkait yaitu Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Wajo, tenaga ahli pendamping desa, pemerintah kecamatan, desa dan pengurus BUMDesa. Koordinasi dilakukan mulai dari perencanaan, pembangunan, penyerahan bantuan bahkan sampai pendamping pengelolaan unit usaha sampai mampu menjalankan unit usaha secara mandiri.

BUMDesa sendiri merupakan unit yang strategis untuk kemandirian desa. Merujuk pada peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang desa, khususnya UU Nomor 6 Tahun 2014, disimpulkan bahwa BUMDes merupakan suatu lembaga perekonomian desa yang memiliki peranan penting dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat,
desa, dan pemerintah desa. Tata kelola yang profesional dengan mengacu
pada pedoman pembentukan BUMDES berdasarkan peraturan perundang-
undangan menjadi prasyarat berjalannya BUMDES secara baik. Dengan demikian kegiatan ekonomi BUMDES secara ideal dapat menjadi bagian dari usaha peningkatan ekonomi lokal dan regional dalam lingkup perekonomian nasional. (Humas – EEES)

About penarakyat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful