Templates by BIGtheme NET
Home / Ajatappareng / Pitu Riase Tuan Rumah HUT Pramuka Ke-57 Tingkat Kabupaten Sidrap
IMG-20180814-WA0041

Pitu Riase Tuan Rumah HUT Pramuka Ke-57 Tingkat Kabupaten Sidrap

SIDRAP, Penarakyat.com — Peringatan HUT Pramuka ke-57 tingkat Kabupaten Sidrap dipusatkan di Kecamatan Pitu Riase, Selasa (14/08/2018).

Puncak peringatan Hari ulang tahun pramuka ditandai dengan pelaksanaan Upacara yang di gelar di kantor Kecamatan Pitu Riase, di Barukku Kelurahan Batu.

Bertindak sebagai Pembina upacara Sekretaris Daerah Kabupaten Sidrap Sudirman Bungi. Sementara Pemimpin Upacara yakni Dina Tahir yang merupakan utusan Dewan Kwarcab Cabang (DKC) Sidrap.

Kapolsek Pitu Riase IPDA Sudirman SH.MH yang hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan peserta upacara terdiri dari Siswa Siswi tingkat SD, SMP dan SMA se kabupaten Sidrap.

Kegiatan Pramuka, kata Dia, merupakan kegiatan positif melalui pembinaan kegiatan pramuka bagi siswa-siswi agar bisa belajar disiplin dan mandiri serta berkehidupan sosial dan saling berenteraksi dengan teman dan kakak-kakak pramuka dari daerah dan sekolah yang berbeda.

“Selamat ulang tahun ke-57, Semoga pramuka terus melahirkan generasi yang Bertaqwa kepada Tuhan, Cinta Alam dan sesama sebagai mana Dasa Darma dalam Pramuka,”ujar Kapolsek.

Sementara dalam sambutan Bupati Sidrap H. Rusdi Masse yang dibacakan Sekkab Sudirman Bungi mengatakan, Pramuka sebagai garda terdepan Pancasila yang merupakan aset penting bagi keutuhan NKRI.

“Gerakan Pramuka telah mencapai usia 57 tahun merupakan waktu yang tidak pendek dalam membuktikan jika gerakan ini telah memberikan kontribusi yang nyata dalam dunia pendidikan di Indonesia. Sampai saat ini semangat itu tidak pernah pudar dan tidak boleh pudar. Dan akan selalu bekerja keras untuk memberikan yang terbaik bagi kaum muda dan bangsa Indonesia,”ungkapnya.

Begitupula, sambungnya, dalam gerakan Pramuka inilah tidak adanya sekat-sekat politik, Daerah, Agama dan terlebur menjadi Kebhinekaan yang Indah. Pembangunan karakter daerah menjadi fokus bangsa kita kini dan ke depan. Pembangunan sumber daya manusia harus sejalan dengan pembangunan fisik, karena kunci keberhasilan pembangunan bangsa terletak sumber daya manusia yang berkualitas. Gerakan Pramuka sebagai lembaga Pendidikan non formal akan melengkapi Pendidikan Informal yang di peroleh anak-anak dalam keluarga dan pendidikan formal di sekolah. Mengingat pendidikan formal saja tidak lah cukup untuk menghasilkan kaum muda yang handal dan berkarakter,”lontarnya.

Sedangkan peranan orangtua sebagai pelaku pendidik informal sangatlah penting dalam membentuk karakter anak-anak. Sementara persolan kaum muda sering terjadi diantara rumah dan sekolah. “Olehnya itu, peranan Gerakan Pramuka dalam mengatasi permasalahan kaum muda yang sering terjadi dewasa ini sangatlah dibutuhkan. Baik kerjasama sinergis antara lembaga pendidikan formal dan pendidikan informal menjadi keharusan demi mewujudkan kaum muda yang lebih baik,”imbuhnya.

Sementara dilokasi yang sama, selain Sekkab Sudirman Bungi dan Kapolsek Pitu Riase IPDA Sudirman hadir, kegiatan Upacara inipula, turut dihadiri Camat Pitu Riase Abbas Aras, Adalan Cabang Gerakan Pramuka (ACGP) Kabupaten Sidrap IPDA H. Alwi dan IPDA Ibrahim Malik.

Selain itu, para Pembina dan Ketua Majelis Gugus Depan se-Kwartir Ranting Pitu Riase serta Kwartir Cabang Sidrap. (Ady)

About penarakyatcr1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful