Templates by BIGtheme NET
Home / Sulselbar / Pusdiklat JOIN Akan Gelar Bimbingan UKW Gratis
IMG-20181113-WA0022

Pusdiklat JOIN Akan Gelar Bimbingan UKW Gratis

MAKASSAR, Penarakyat.com — Begitu pentingnya ilmu komunikasi dalam erah informasi terbuka Pusat Pendidikan dan Latihan JOIN Provinsi Sulawesi Selatan, memprogramkan bimbingan teknis yang gratis baik wartawan anggota maupun non anggota JOIN.

Kabar menyenangkan ini diungkapkan Kapusdiklat JOIN, Zulkarnain Hamson usai saat meninjau lokasi Pusdiklat JOIN di kawasan BTP Makassar, Senin 12 November 2018 kemarin.

Menurut Zulkarnain Hamson program yang – kini dalam penyelesaian program doktoral ilmu Komunikasi di Unhas, Pusdiklat JOIN, terpanggil dan menyikapi pentingnya meningkatkan kompetensi wartawan.

Sehingga harapan ini (Pusdiklat JOIN Sulsel) merencanakan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan ke 2 tahun ini, dijadwalkan Desember 2018 depan.

Calon doktor Ilmu Komunikasi Unhas ini, menambahkan, setelah penelitian dilapangan kebebasan masih ada saja yang memerlukan peningkatan ilmu komunikasi dalam menjalankan UU 40/1999 tentang Pers dan UU ITE.

Diakui mantan wartawan Upeks ini (Fajar Group) bahwa Sekalipun saat ini masi ada saja diantara kesadaran pemilik media Online, cetak, masih terbilang rendah, terkait kesadaran pentingnya mengikutkan wartawannya setiap ada pendidikan, dan UKW.

Pasalnya kata Zulkarnain, saat ini masih banyak portal berita /media cetak dipimpin oleh Pemimpin Redaksi (Pemred) yang belum melalui jenjang UKW sebagaimana yang diharapkan Dewan Pers.

Guna mengantipasi hal tersebut, Pusdiklat JOIN merencanakan bimbingan teknis yang – gratis baik wartawan anggota maupun non anggota JOIN.

Sayang Wartawan senior ini tidak menyinggung masih ditemukannya wartawan yang sudah mengantongi Kartu UKW yang masih ditemukan dalam menjalankan profesinya di lapangan (menyimpang dari harapan UKW dan KEJ) sangat berbeda dalam teorianya saat mengikuti ujian meja di UKW.

Namun Kapusdiklat, bahwa program ini bimbingan akan melibatkan sejumlah akademisi maupun wartawan senior di Makassar.

” Saat ini JOIN Sulsel mendapat legitimasi kurang lebih 40 tenaga ahli dari berbagai disiplin ilmu, 35 orang diantaranya guru besar dengan 10 bergelar Profesor,” sebut
Zulkarnain Hamson, Calon doktor Ilmu Komunikasi Unhas ini.

Sementara Ketua DPW JOIN Sulsel, Rifai Manangkasi, meski baru setahun memimpin Journalist Online Indonesia di Sulsel, telah memiliki pengurus daerah di sejumlah kabupaten/kota di Sulsel.

Pada Workshop jurnalistik online dan bimtek angkatan 1 diikuti kurang lebih 60 orang dan berhasil meluluskan 41 orang jurnalis online, yang saat ini bekerja di kurang lebih 26 portal berita. (JNN/NAS)

About penarakyatcr1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful