Templates by BIGtheme NET
Home / Ajatappareng / Target Swasembada Pangan, Dandim Sidrap Cetak Sawah 220 Hektar
IMG-20170906-WA0017

Target Swasembada Pangan, Dandim Sidrap Cetak Sawah 220 Hektar

SIDRAP, Penarakyat.com — Program pencapaian swasembada pangan terus digalakkan Kementerian Pertanian melalui Pemerintah kabupaten (Pemkab) Sidrap. Sebagai penghasil lumbung pangan terbesar di Sulsel, Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan Pemkab Sidrap bersama jajaran Kodim 1420 Sidrap menargetkan perluasan lahan tanam sawah baru.

Sedikitnya 220 Hektar yang sedang dibuka tahun 2017 dan saat ini masih terus proses pengerjaan oleh personil Makodim sebagai leading sektor pelaksana kegiatan.

220 hektar lahan pencetakan lahan sawah baru ini tersebar di lima kecamatan di Sidrap dan nantinya ditanami padi diantaranya Watang Sidenreng 19 hektar, Pitu Riawa 49 hektar, Kulo 62 hektar, Panca Rijang 9 hektar, dan kecamatan Pitu Riase sebanyak 81 Hektar.

Komandan Kodim 1420 Sidrap letkol Inf.Ekho Pasha Harisuci menjelaskan sedikitnya sudah 129 hektar hingga bulan September ini sudah terealisasi pencetakan lahan sawah baru.

Ditargetkan hingga Musin Tanam Oktober-Maret (MT-Okmar) ini sudah bisa difungsikan oleh kelompok petani penggarap yang ditunjuk pemerintah.

“Pencapaian lahan baru cetak sawah sudah 60 persen terealisasi. MT Okmar sudah bisa kita fungsikan bercocok tanam,”lontar Eko Pasha, ditemui dikantornya, Kamis (7/9) kemarin.

Menurut dia, pencetakan sawah itu menggunakan alat berat yang diturunkan berupa Ekskavator 6 unit dan Buldozer 8 unit. Lahan-lahan tanah yang dibuka baru itu milik kebun warga yang tidak berproduktif lagi.

“Semua tanah kebun milik masyarakat yang tidak produktif lagi itu yang kita jadikan lahan sawah baru. Pencetakan lahan sawah itu semuanya dekat dengan sumber saluran irigasi,”papar Eko Pasha.

Dandim Sidrap menambahkan, pencapaian target lahan baru tahun 2016 lalu telah direalisasikan sebanyak 450 hektar dan semuanya sudah berfungsi normal pada musin tanam ketiga sejak dicetak.

“Tahun lalu, satuan dari Direktorat Zeni Aangkatan Darat (AD) yang merealisasikans ebagai pelaksana proyek. Alhamdulillah sudah memasuki proses musim tanam ketiga difungsikannya 450 hektar lahan baru itu. Rata-rata hasilnya, antara 6 hingga 7 ton perhektar gabah dihasilkan dari lahan baru ini,”ucapnya.

keberhasilan program pencetekan lahan sawah baru inipula, lanjut Dandim Sidrap seklaigus mengantarkan jajaran Makodim 1420 ini terbaik progress pencetakan sawah tingkat Komando Daerah Militer XIV/Hasanuddin.

“Alhamdulillah, Wilayah Teritorial Sidrap paling terbaik sejajaran Kodam Hasanuddin soal pencetakan lahan sawah baru. Mudah-mudahan target kita tahun ini tercapai sesuai jadwal yakni Oktober sudah bisa ditanami padi,” tandasnya. (Ady) 

About penarakyatcr1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful