Templates by BIGtheme NET
Home / Bosowasi / Tim Lomba Sekolah Sehat Provinsi Sulsel Turun ke Wajo
IMG-20190206-WA0115

Tim Lomba Sekolah Sehat Provinsi Sulsel Turun ke Wajo

WAJO, Penarakyat.com — Sekretaris Daerah Kabupaten Wajo mendampingi Tim Penilai Lomba Sekolah Sehat sampai akhir kunjungan.

Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Provinsi Sulawesi Selatan beserta rombongan tiba di Wajo untuk menilai Icon Sekolah Sehat di Kabupaten Wajo, Rabu (06/02/2019).

Menurut Kepala Biro Kesra Provinsi Sulawesi Selatan H. Suherman, SE., M.M ketika mengunjungi Sekretariat Tim Pembina UKS Sekretariat Daerah mengatakan UKS harus dikembangkan sekarang dan sekarang ada lagi lomba desa sehat, coba komunikasi dengan PMD dan Dinas Kesehatan untuk lomba sekolah sehat dan lomba desa sehat digabung saja jadikan satu waktunya jadi tim nantinya 1 kali penerimaan oleh Bupati dan tim dibagi 2 yang satu masuk ke desa dan satunya masuk ke sekolah-sekolah Penanganannya jadi tidak parsial, sama-sama sehat.

Sebagai kunjungan pertama Taman Kanak Kanak Raudatul Athfal 3 Kecamatan Belawa tampil dengan identitas keislamannya, Tim penilai yang di ketuai oleh Kepala Biro Kesejahteraan Provinsi Sulawesi Selatan H. Suherman SE., M.M. disambut dengan lantunan kalimat salam. Ketua yayasan K.H.Anwar Sadat menyambut tim penilai Lomba Sekolah Sehat.

Tim penilai terdiri dari Dinas kesehatan, Dinas Pendidikan, Kementerian Agama dan Biro kesejahtetaan Rakyat provinsi Sulawesi Selatan . Antusias masyarakat sekitar menyambut tim penilai dengan bersama murid murid TK dan SD berdiri berjejer dengan rapi.

Setiba di lokasi tim berpencar memberi penilaian. TK Belawa yang memiliki inovasi membaca Alquran 5 menit tiap hari merupakan inovasi dalam kesehatan rohani.

Menurut Kepala Biro Kesejahtetaan Rakyat H. Suherman, SE, MM bahwa sekarang ini Sekolah yg mengikuti Lomba Sekolah Sehat tentunya berlomba lomba membersihkan, pada saat akan mengikuti lomba tetapi harus menjadi budaya, dan tak kalah penting adalah sekolah yang paling tinggi inovasinya dan inovasi yang belum ada disekolah lain.

Kita punya kunjungan ini adalah menilai sekolah-sekolah yang memang dari awal sudah menjadi juara di tingkat kecamatan, tingkat kabupaten sekarang kita lakukan lagi penilaian tingkat provinsi, dan nantinya sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Wajo ini bagus, akan kita masukkan sebagai sekolah yang mewakili Provinsi Sulawesi Selatan ke tingkat nasional, ini merupakan program pemerintah pusat Sampai dengan saat ini.

Harapan saya di Kabupaten Wajo ini, sekolahnya cukup bagus, cukup bersih tetapi bukan cuma salah satu indikator penilaian pemeriksaan sekolah itu. Bagaimana program yang dibuat setiap sekolah dan diterapkan kepada siswanya, kebersihannya karena kita tahu sekolah sehat itu bukan hanya kegiatan semacam ini, ini mencerminkan menjaga lingkungan utamanya lingkungannya, karena kita tahu di mana-mana bahaya mengancam untuk anak sekolah masalah narkoba dan lain-lain dengan adanya sekolah sehat sekolah bersih kita harapkan semua itu jauh.

Karena kalau sekolah bersih, gurunya mengontrol setiap saat utamanya kantin, sekolah sehat itu Kita lihat nanti nya juga ruang guru, di mana ventilasi, dimana semua itu dapat penilaian, kalau kantin itu harus bersih dan tidak boleh makanan dari luar masuk, nanti ada anak-anak sakit ini semua yang menjadi penilaian sekolah sehat menutup harapannya.

Perjalanan selanjutnya dengan kunjungan ke Kecamatan Tempe dan kunjungan ke tim Pembina UKS Kecamatan Tempe, selanjutnya dilanjutkan ke SDN 2 Maddukelleng , dilanjutkan menuju ke Kecamatan Pammana dengan mengunjungi SLTP Negeri 5 Pammana. Dilanjutkan ke Sekretariat tim Pembina UKS Kecamatan Pammana, selanjutnya pelepasan tim penilai lomba sekolah sehat menuju ke Kabupaten Bone.

Ketika rombongan tim penilai LSS akan meninggalkan Wajo, mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya kepada Pemerintah Kabupaten Wajo atas penerimaan yang begitu sangat mengesankan.

Kerjasama seluruh Perangkat Daerah jelas terlihat, hal ini disampaikan langsung kepada Sekretaris Daerah yg melepas rombongan di kantor Kecamatan Pammana.

Bersama tim beliau tak mengenal lelah terus menerus mendampingi tim penilai.

Dikalangan murid SLTP Negeri 5 Pammana, ternyata Sekretaris Daerah Kabupaten Wajo cukup dikenal, bahkan ketika ditanya siapakah yang ada di depannya langsung dijawab serentak  oleh murid itu bapak Sekda.

Sekretaris Daerah Kabupaten Wajo H. Amiruddin A S.Sos., M.M mengatakan lomba sekolah sehat tingkat provinsi Sulawesi Selatan yang dilakukan pada hari ini oleh tim penilai provinsi merupakan bagian integral yang telah dilakukan selama ini, mulai dari tahap persiapan, pembinaan, kemudian verifikasi di tingkat kabupaten.

Sampai dengan penilaian hari ini dalam rangka membangun budaya sehat untuk setiap sekolah. Siapapun yang terpilih sesungguhnya itu merupakan proses pembelajaran kepada sekolah untuk membudayakan hidup sehat, hidup bersih yang merupakan salah satu pilar dari Trias UKS.

Trias UKS yang pertama adalah pendidikan kesehatan, kedua pelayanan kesehatan, ketiga lingkungan sekolah yang bersih dan sehat dan ketika ketiga tingkatan Trias UKS itu berjalan dengan baik, maka sekolah itu benar-benar menjadi sekolah yang layak bagi peningkatan pelayanan kesehatan dan pendidikan.

Dan diharapkan bahwa ini semoga saja bisa menjadi yang terbaik di Sulawesi Selatan, salah satu tingkatan Apakah itu tingkat Taman kanak-Kanak, Sekolah Dasar ataupun Sekolah Menengah Pertama, yah kita berharap salah satu dari ketiga jenjang pendidikan itu bisa mewakili Sulawesi Selatan di tingkat nasional. (Humas Pemkab Wajo)

About penarakyatcr1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful