Jelang Pendaftaran Parpol, KPU Massifkan Sosialisasi Tahapan Pemilu 2024

Jelang Pendaftaran Parpol, KPU Massifkan Sosialisasi Tahapan Pemilu 2024

WAJO, penarakyat.com — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Wajo mulai gencar melakukan sosialisasi tahapan pemilu serentak 2024 pasca dimulainya tahapan 14 Juni 2022 lalu.

Kali ini KPU Wajo melakukan sosialisasi di Kantor DPD Partai Keadilan Sejahtera Kabupaten Wajo, Rabu (6/7/2022) .

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua dan Anggota KPU Kabupaten Wajo, Kasubbag Teknis dan Hupmas KPU Wajo, Ketua DPD PKS Kabupaten Wajo, Bendahara DPD PKS Kabupaten Wajo, dan sejumlah anggota pengurus PKS Wajo.

Anggota KPU Kabupaten Wajo Divisi Teknis Penyelenggaraan, Muhammad Mursyidin dalam sosialisasi tersebut memaparkan terkait tahapan pemilu serta mengingatkan pengurus DPD PKS Kabupaten Wajo untuk mempersiapkan partainya memasuki tahapan pendaftaran dan verifikasi peserta pemilu 2024.

“Beberapa hal yang harus dipersiapkan calon peserta pemilu 2024 adalah kepengurusan dan keanggotaan parpol, kantor atau sekretariat parpol serta memperhatikan keterwakilan 30% kuota perempuan,” tegasnya.

Ketua KPU Wajo, Haedar, mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi tersebut merupakan salah satu upaya membangun kesamaan persepsi antara Partai Politik Peserta Pemilu  dengan KPU sebagai penyelenggara pemilu

“Inimerupakan langkah konkrit yang kami tempuh guna mendekatkan KPU dengan parpol. Kalo peserta dan penyelenggara tidak memiliki kesamaan pemahaman maka tujuan pemilu sulit akan tercapai,” ujarnya.

Agenda sosialisasi tahapan pemilu 2024 rencananya akan dilakukan pada semua partai politik calon peserta pemilu di Kabupaten Wajo.

Ketua DPD PKS Kabupaten Wajo, H. Agustan Ranreng, menjelaskan bahwa secara internal partainya telah lebih awal mempersiapkan berbagai hal untuk menghadapi tahapan pendaftaran dan verifikasi peserta pemilu 2024.

“PKS telah mempersiapkan berbagai hal menghadapi pendaftaran parpol dan verifikasi calon peserta pemilu 2024” sebutnya.

Bahkan pihaknya mengakui bahwa DPD PKS Wajo setelah melalui proses verifikasi secara internal dan dinyatakan lengkap dan memenuhi syarat administratif oleh DPP PKS. Dengan demikian DPD PKS Wajo telah siap menghadapi proses verifikasi yang nantinya akan dilakukan oleh KPU.

Selain itu, ia juga mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh KPU Wajo dalam memberikan sosialisasi kepada partai politik calon peserta pemilu 2024. (Znl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *