Agar Terhindar Penipuan Umroh, Ini Tips Aman An-Nur

Agar Terhindar Penipuan Umroh, Ini Tips Aman An-Nur

SIDRAP, Penarakyat.com — Banyaknya cerita jamaah gagal berangkat umroh yang disebabkan kenakalan-kenakalan biro penyelenggaran perjalan umroh (travel umroh nakal).
 
Maka dari itu, PT An-Nur Maarif menyampaikan tips aman kepada seluruh masyarakat untuk terhindar dari tipu-tipu travel nakal. Hal itu di sampaikan Direktur PT An-Nur Maarif, H Bunyamin saat berbuka puasa bersama Pemerintah Daerah (Pemda) serta masyarakat Sidrap dan Bone.
 
H Bunyamin mengatakan, agar bisa terhindar dari peniupuan biro travel umroh dan haji, masyarakat diminta tetap waspadai biro travel yang menjanjikan dapat memberangkatkan calon jamaah dengan biaya yang murah.
 
“Bahkan sangat murah bila dibandingkan dengan biro travel sejenis yang ada disekitar kita,” ucapnya, Kamis, (7/6/2017).
 
Sebab, kata dia tidak sedikit calon jamaah gagal berangkat seperti, terlantar di bandara baik bandara di Indonesia maupun bandara negara tetangga.
 
Ada juga yang tertipu dengan fasilitas yang dijanjikan tidak sesuai dengan kenyataan dilapangan, bahkan ada juga uang jamaah yang turut dibawa kabur oleh pemilik biro travel yang bersangkutan tersebut.
 
Menurutnya, kebanyakan calon jamaah yang tertipu salah satunya dikarenakan mereka tidak dapat membedakan atau tidak tau cara mengetahui mana biro travel palsu dan mana biro travel yang benar-benar memberangkatkan jamaahnya. 
 
“Insya Allah An-Nur Maarif salah satu travel yang amanah dengan program 5 pasti sesuai dengan peraturan Kementerian Agama,” ucapnya.
 
Program 5 Pasti Umrah, katanya yang digunakan saat ini sebagai panduan untuk masyarakat dalam memilih travel umroh dan mengikuti paket-paket ibadah umroh atau haji yang ditawarkan pihak travel. 
 
Program ini berisi lima tips bagi calon jemaah dalam memastikan paket serta perjalanan yang dipilihnya bukanlah penipuan dan menjamin kenyamanan beribadah.
 
Adapun program 5 pasti yang telah di sosialisasikan pemerintah adalah pastikan biro travel berizin. Kementerian menyediakan akses informasi dalam situs resmi secara terbuka yang berisi daftar seluruh biro travel umrah dan haji yang telah mendapat izin. 
 
Pastikan waktu keberangkatan dan kepulangannya. Banyak masalah yang muncul yaitu jemaah umrah tak bisa pulang ke tanah air karena tidak memiliki tiket pulang. 
 
Tak hanya itu, travel seolah tak bertanggung jawab setelah jemaah berada di tanah suci. Dalam program berikut ini, masyarakat diminta mengecek tanggal, waktu, dan tiket keberangkatan serta kepulangan. 
 
Selanjutnya, pastikan harga dan fasilitas pelayanannya. Jenis fasilitas yang akan didapat dipengaruhi oleh biaya umrahyang dibayarkan. Jangan percaya paket umroh murah yang menjanjikan fasilitas mahal. 
 
Menurut Pimpinan An-Nur yang merupakan lulusan Universitas tertua di dunia Al Azhar, Mesir juga mengingatkan masyarakat bahwa jangan juga percaya paket yang sangat murah karena sangat mungkin tidak memikirkan pelayanan selama ibadah, seperti lokasi sangat jauh dari penginapan ke tempat ibadah. 
 
“Jangan pakai yang paket investasi karena sangat beresiko, kalau mereka hilang akan sulit dimintai pertanggung jawabannya. Paket yang wajib didapat jamaah itu konsumsi, transportasi, guide, asuransi, dan manasik,” ucapnya.
 
Lebih lanjut, ia mengaku, pastikan hotel atau penginapan. Kementerian mengharuskan calon jemaah untuk memastikan tempat penginapan sesuai standard yaitu minimal bintang tiga. 
 
Selain itu, tempatnya tak boleh lebih dari satu kilometer dari tempat ibadah. Meski demikian, dari seluruh paket yang ada, masyarakat diminta mempertimbangkan mengenai usia dan biaya. 
 
Pastikan visa umrah. Visa hanya dikeluarkan perwakilan Pemerintah Arab Saudi di Indonesia. Calon jemaah harus memastikan telah mendapat visa resmi minimal tiga hari sebelum berangkat. 
Kalau visanya kadaluwarsa atau tak resmi, maka berpotensi ditangkap serta dipulangkan. (Ady Sanjaya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *