IWO Enrekang Sukses Gelar Pendidikan Jurnalistik bagi Perangkat Desa

IWO Enrekang Sukses Gelar Pendidikan Jurnalistik bagi Perangkat Desa

ENREKANG, Penarakyat.com — Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Enrekang berhasil menyelenggarakan program pendidikan jurnalistik di Pendopo Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Enrekang, Kamis, 14 September 2023.

Ketua Panitia, Aris Bafauzi menyampaikan, kegiatan itu diikuti ratusan peserta yang merupakan perangkat desa se Kabupaten Enrekang.

Kegiatan tersebut, bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar tentang jurnalisme kepada perangkat desa, yang sering kali memiliki peran penting dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat setempat.

Ketua IWO Enrekang, Zulfikar KHM, menekankan pentingnya pendidikan jurnalistik ini dalam mengembangkan kompetensi perangkat desa dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat.

“Pendidikan jurnalistik adalah langkah yang sangat penting untuk meningkatkan kualitas komunikasi antara pemerintah desa dan masyarakat. Dengan memahami dasar-dasar jurnalistik, perangkat desa dapat menjadi lebih efektif dalam menginformasikan berita-berita penting kepada warga desa,” ujar Zulfikar.

Ketua IWO Sidrap, Edy Basri., SH, sukses memaparkan materinya dalam acara itu. Dalam materinya, Edy menekankan pentingnya pembuat berita untuk memahami tentang dasar-dasar jurnalistik sebelum melaksanakan tugasnya. Selain itu, ia menggarisbawahi pentingnya pembuat berita memahami prinsip-prinsip objektivitas, akurasi, dan integritas dalam melaporkan berita.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Enrekang Hasbar. S.IP. M.Si, yang hadir mewakili Bupati Enrekang, Drs. H. Muslimin Bando, M.Pd terlihat senang melihat antusiasme peserta dalam mengikuti kegiatan tersebut. Dalam kesempatan itu, Hasbar menyampaikan jika kegiatan sejenis itu sudah lama dinantikan dan akhirnya berhasil di eksekusi oleh IWO Enrekang.

“Jujur, kegiatan semacam ini sudah lama dinantikan dapat dilaksanakan di Kabupaten Enrekang. Alhamdulillahnya, sudah ada IWO Enrekang yang peduli melaksanakannya,”

“Dengan kegiatan ini, saudara-saudara kita perangkat desa dapat belajar tentang bagaimana menyusun berita yang akurat dan menghargai etika jurnalistik. Semua ini akan membantu dalam membangun hubungan yang lebih baik antara pemerintah desa dan warga serta mendorong kemajuan desa,” kata Hasbar, melanjutkan dengan membuka acara itu secr resmi

Program pendidikan jurnalistik ini, dinilai Hasbar sebagai langkah penting menuju transparansi, akuntabilitas, dan kemajuan desa. Dengan meningkatnya pemahaman tentang jurnalisme di tingkat desa, diharapkan masyarakat desa dapat menerima informasi yang lebih berkualitas dan akurat, yang pada gilirannya akan mendukung perkembangan desa secara keseluruhan. Program serupa diharapkan akan menjadi contoh positif bagi daerah lain.  (Ombass)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *