Kades Leppangang Terjaring Pungli Sertifikat Prona

Kades Leppangang Terjaring Pungli Sertifikat Prona

PINRANG, Penarakyat.com — Nasib sial menimpa Kepala Desa Leppangang Kecamatan Patampanua Kabupaten Pinrang, Abbas Paduai. Dia tertangkap tangan melakukan Pungutan Liar (Pungli) dalam Proyek Nasional (Prona) Sertifikat Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Pinrang.

Terduga Abbas terjaring Operasi (Ops) Tim Sapu bersih pungutan liar (Saber Pungli) Polres Pinrang yang dipimpin Kasat Reskrim Polres Pinrang, AKP Muhammad Nasir, pada Kamis (30/3).

Informasi yang dihimpun menyebutkan, Operasi pengungkapan tim Saber Pungli ini berdasarkan informasi dari warga setempat yang telah dimintai biaya tambahan oleh oknum Kepala Dusun dan Desa sebesar Rp500 ribu untuk setiap bidang tanah atau rumah yang kebagian jatah sertifikat Prona BPN.

Dari seratusan lebih jatah bidang tanah/rumah yang masuk dalam Prona tersebut, 36 warga pemilik bidang sudah melakukan pembayaran biaya tambahan.

Kapolres Pinrang, AKBP Leo Joko Triwibowo yang dikonfirmasi, Minggu (2/4), membenarkan adanya pengungkapan kasus Pungli kades tersebut.

“Benar, kasus itu sudah dalam proses penyelidikan di Polres Pinrang. Operasi pengungkapan kemarin dipimpin langsung Kasat Reskrim Polres Pinrang,” jelas Leo via Selulernya.

Leo menambahkan, saat ini pihaknya masih mekakukan pendalaman dan pengembangan dalam kasus tersebut. Diduga, selain oknum Kepala Desa dan Dusun, Pungli ini juga melibatkan oknum pejabat BPN Pinrang selaku instansi berkompeten dalam proyek sertifikat gratis tersebut. (Ady)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *