Lestarikan Budaya, Pemuda Takkalasi Diajar Silat

Lestarikan Budaya, Pemuda Takkalasi Diajar Silat

SIDRAP, Penarakyat.com —  Pencak silat dikenal sebagai seni bela diri khas Indonesia. Tujuannya untuk membina para pemuda agar tetap melestarikan budaya bangsa sekaligus membina tali silaturahim antar mereka.
Selain itu, mereka juga dapat menjaga kamtibmas desanya dengan dibekali silat.

Hal tersebut dikemukakan Kepala Desa Takkalasi Muh Nasir selaku pembina ikatan pencak silat Desa Takkalasi kecamatan Maritengngae, Sidrap.

Dia menjelaskan sengaja pemuda didesanya dibina pencak silat bertujuan silaturahmi atau silaturahim antar mereka agar mereka tak terlibat aksi perkelahian.

“Jadi perguruan pencak silat ini tujuannya persaudaraan yang kita kedepankan, selain itu juga bisa menjaga Kamtibmas Desa dengan dibekali ilmu silat,” kata Nasir disela-sela latihan bersama, Senin (27/3) sore ini.

Menurutnya, pemuda yang sudah dibina itu mencapai 25 orang.
Tujuannya mereka dilatih silat ini agar supaya antara satu dan lainnya tidak dianggap sedang bertanding atau disebut lawan, tetapi semua adalah saudara walaupun saat bertanding.

Tentu prestasi akan mengikuti dengan sendirinya. Orang mendahului ego-nya, pasti akan menganggap yang dihadapannya adalah lawan. “Namun tidak demikian di dunia persilatan yang mengedepankan silaturahmi. Semua berjalan sehat dan baik, karena saudara yang menjadi landasannya. Inilah yang akan dilestarikan sebagain bagian budaya bangsa,” tandasnya. (Ady)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *