Menuju Desa Mandiri, Program TMMD ke-118 Kodim 1420 Siap Rubah Wajah Perekonomian Desa Kalempang Sidrap

Menuju Desa Mandiri, Program TMMD ke-118 Kodim 1420 Siap Rubah Wajah Perekonomian Desa Kalempang Sidrap

*Bupati Dollah Mando Hadiri Upacara Pembukaan TMMD Ke-118

SIDRAP, Penarakyat.com — Program kemanunggalan TNI dalam meningkatkan sumber ekonomi kerakyatan terus digulirkan menyentuh pelosok-pelosok Desa di Indonesia pada umumnya dan khususnya di Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan.

Kali ini, kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-118 Tahun 2023 menyasar Desa Kelempang, Kecamatan Pitu Riawa, Kabupaten Sidrap.

Dimulianya kegiatan TMMD ke-188 Kalempang Sidrap 2023 ini, ditandai dengan upacara pembukaan TMMD Ke-118 yang dipusatkan di Desa Kalempang, Kecamatan Pitu Riawa, Kabupaten Sidrap, Rabu, 20 September 2023.

Adapun pelaksanaan TMMD ke-118 di Bumi Nene’ Mallomo SIdrap tersebut engusung tema “Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat.”

Upacara ini dipimpin oleh Inspektur Upacara, yaitu Sekretaris Daerah Kabupaten Sidrap, Dr H. Basrah. Lalu, Pembawa Laporan Kesiapan TMMD adalah Dandim 1420/Sidrap, Letkol Inf Andika Ari Prihantoro, SE, M.IP.Pol yang juga ditunjuk selaku Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TMMD ke-118 Kalempang Sidrap Tahun 2023.

Selanjutnya, Komandan Upacara dipegang oleh Pasi Ops Kodim 1420/Sidrap, Kapten Czi Benny G, sementara perwira upacara adalah Pasi Pers, Lettu Arh. Ridwan B. Doa pembukaan upacara disampaikan oleh Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Pitu Riawa, Drs. Kamaluddin, dan pembawa acara oleh Serma Kasruddin. Keamanan dan unit intel dijaga oleh Letda Kav. Muh. Nasir.

Peserta upacara terdiri dari berbagai instansi, termasuk Satgas TMMD, Kodim 1420/Sidrap, Polres Sidrap, Satpol PP Sidrap, FKPPI, Dishub Sidrap, Damkar Sidrap, kelompok masyarakat, Karang Taruna, dan murid SD 3 Impres Desa Kalempang.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh sejumlah tamu undangan, antara lain, Kasi Log Korem 141/Toddopuli, Kolonel Inf Agussalim, SH, Dandim 1404/Pinrang, Letkol Inf Aris Barunawan, S.I.P., M.I.P., Wakapolres Sidrap, Kompol M. Akib., Dandim 1406/Wajo, Letkol Inf. Muhamad Juanda Dinata, S.E., Ketua DPRD Kabupaten Sidrap, H. Ruslan, Asisten I Pemerintahan dan Kesra Sidrap, Drs. Muhammad Iqbal, M.Si.


Asisten Perekonomian Dan Pembangunan Kabupaten Sidrap, H. Siara Barang, SH.M.Si.
Kasdim 1420/Sidrap, Mayor Arm Ari Widarto. Kegiatan tersebut turut dihadiri Para Camat Se-kabupaten Sidrap, Para Lurah dan Kepala Desa Se-kecamatan Pituriawa.

Dalam laporan kesiapan kegiatan TMMD, disebutkan bahwa kegiatan ini akan berlangsung dari tanggal 20 September hingga 19 Oktober 2023 di Desa Kalempang Kabupaten Sidrap. Adapun sasaran kegiatan ini, terdiri dari pembangunan fisik dan non-fisik, seperti rehabilitasi jalan, pembangunan jembatan, penyuluhan hukum, penyuluhan pertanian, pembagian sembako, sunatan massal, dan lainnya.

Pelibatan personil dalam kegiatan ini terdiri dari Dansatgas dan staf Satgas, tim asistensi/penyuluh, tim teknis, tim keslap, dan personil SSK dari berbagai satuan, termasuk TNI AD, TNI AL, TNI AU, dan Polres Sidrap.

Amanat Bupati Sidrap, yang dibacakan oleh Sekda Sidrap, menekankan komitmen TNI dalam membangun bangsa dan negara serta dukungan Pemda Sidrap terhadap kolaborasi dengan semua elemen masyarakat untuk mempercepat pembangunan daerah pedesaan.

Sekadar diketahui, kegiatan TMMD ke-118 di kabupaten yang dipimpin oleh Bupati Ir H Dollah Mando itu mendapat support anggaran operasional berasal dari Komando atas. Sementara untuk kegiatan fisik berasal dari Aanggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Sidrap tahun 2023. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *