Pemasangan Batu Baronjong, Warga Desa Kalempang Berbaur Tim Satgas TMMD Genjot Pengerjaan Talud Sungai Kalempang 

Pemasangan Batu Baronjong, Warga Desa Kalempang Berbaur Tim Satgas TMMD Genjot Pengerjaan Talud Sungai Kalempang 

SIDRAP, Penarakyat.com — Desa Kalempang, 26 September 2023 – Hari Selasa ini, semangat gotong royong yang kuat terpancar di Desa Kalempang, Kecamatan Pitu Riawa, Kabupaten Sidrap. Warga masyarakat desa, bersama dengan anggota Satgas Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-118 Kodim 1420/Sidrap, bergotong royong untuk memperkuat talud sungai Kalempang dengan pemasangan batu baronjong.

Pemasangan batu baronjong ini adalah bagian dari upaya untuk mengatasi erosi dan memperkuat sistem pengendalian banjir di sekitar Sungai Kalempang. Banjir dan erosi sungai adalah masalah yang sering dihadapi oleh warga desa, dan pembangunan talud sungai dengan batu baronjong adalah salah satu solusi yang efektif untuk mengurangi risiko tersebut.

Letkol Inf Andika Ari Prihantoro, SE., M.I.Pol. Komandan Satgas TMMD ke-118 Kodim 1420/Sidrap, mengatakan, “Kami hadir di sini untuk bekerja sama dengan warga Desa Kalempang dalam upaya memperkuat talud sungai. Pemasangan batu baronjong adalah langkah penting untuk melindungi lingkungan dan rumah-rumah warga dari dampak banjir dan erosi.”

Dalam aksi gotong royong ini, anggota Satgas TMMD dan warga desa bekerja bersama-sama dengan penuh semangat. Batu-batu besar dipasang secara hati-hati untuk membentuk baronjong yang kuat dan tahan lama. Selama proses pemasangan, tercipta suasana kebersamaan dan kolaborasi yang erat antara anggota TNI dan masyarakat setempat.

Bapak Suharto, salah seorang warga Desa Kalempang, menyatakan, “Kami sangat bersyukur atas bantuan dan dukungan dari Satgas TMMD dalam pembangunan ini. Dengan perkuatan talud sungai, kami merasa lebih aman dari ancaman banjir dan erosi. Semangat gotong royong yang ada di desa kami memungkinkan kami bekerja sama dengan baik dalam proyek ini.”

Pembangunan talud sungai ini bukan hanya tentang perlindungan lingkungan, tetapi juga tentang menjaga keamanan dan kesejahteraan masyarakat. Diharapkan bahwa hasil dari kerja keras ini akan memberikan manfaat jangka panjang bagi warga Desa Kalempang dan membantu mereka menghadapi tantangan alam dengan lebih baik. (Riss)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *