Polres Enrekang Gelar Apel Gelar Pasukan Ops Zebra Pallawa 2023

ENREKANG, Penarakyat.com — Polres Enrekang menggelar apel gelar pasukan “Operasi Zebra Pallawa 2023” di lapangan apel Polres Enrekang, Senin (4/09/2023).

Apel gelar pasukan Ops Zebra Pallawa di pimpin langsung oleh Waka Polres Enrekang Kompol Sudarman, SE dan di hadiri Dandim 1419/Enrekang, Asisten 1 mewakili Bupati Enrekang, Kasi Pidum mewakili Kepala Kejaksaan Negeri Enrekang, Sekretaris mewakili Ketua Pengadilan Negeri Enrekang, Kalaksa BPBD Kabupaten Enrekang, Sekertaris mewakili Kadis Perhubungan Enrekang, Kasi Operasional mewakili Kasatpol PP dan Damkar Kabupaten Enrekang, serta para PJU Polres Enrekang.

Waka Polres Enrekang Kompol Sudarman, SE yang membacakan amanat Kapolda Sulawesi Selatan mengatakan ada tujuh prioritas pelanggaran yang dapat dilakukan penindakan, baik secara penegakan hukum maupun secara teguran.

Adapun prioritas pelanggaran itu diantaranya Pengemudi atau pengendara ranmor yang menggunakan ponsel saat berkendara, Pengemudi atau pengendara yang masih dibawah umur, Pengendara sepeda motor yang berboncengan lebih dari satu orang dan pelanggaran over dimensi dan over loading (odol), Pengemudi ranmor yang tidak menggunakan sabuk pengaman dan pengendara yang tidak menggunakan helm standar nasional.

Lanjut, Pengemudi atau pengendara ranmor dalam pengaruh atau menkonsumsi minuman beralkohol, Pengemudi atau pengendara ranmor yang melawan arus, Pengemudi atau pengendara ranmor yang melebihi batas kecepatan.

Beliau juga mengatakan, Diharapkan Operasi Zebra Pallawa tahun ini dapat menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas pada ruas jalan Blackspot, Trouble Spot serta dapat meminimalisir fatalitas korban laka lantas .

“Kami menghimbau masyarakat untuk lebih tertib berlalu lintas agar tercipta kamseltibcarlantas di Kabupaten Enrekang, sehingga dapat mencegah terjadinya kecelakaan,” katanya.

Lebih lanjut Kompol Sudarman meminta agar selama pelaksanaan Operasi Zebra Pallawa ini, petugas mengedepankan kegiatan edukatif, preemtif, preventif serta humanis yang didukung penegakan hukum baik secara Tilang maupun teguran.

“Kami meminta kepada anggota yang bertugas dalam Operasi Zebra Pallawa ini untuk mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif serta hindari tindakan yang dapat menimbulkan kontraproduktif di masyarakat,” jelasnya.

Selain itu tegas Waka Polres, kepada setiap anggota yang bertugas diharapkan untuk melakukan komunikasi, koordinasi dan kolaborasi untuk membangun sinergitas yang baik dalam mewujudkan Enrekang yang aman, nyaman dan damai. (Ombass)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *