Prihatin Narkoba, Kajari Sidrap Terjun Sosialisasi…

Prihatin Narkoba, Kajari Sidrap Terjun Sosialisasi…

SIDRAP, Penarakyat.com — Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Sidrap, Jasmin Simanulang, tampil sebagai pemateri di acara sosialisasi bahaya narkoba, di Kelurahan Pangkajene, Kecamatan Maritengngae, Rabu, (8/11/2017), pagi ini.

Orang nomor satu di lingkup Kejari Sidrap itu bahkan meminta ke panitia menjadi pemateri pertama dihadapan ratusan warga yang duduk sebagai peserta.

“Saudara-saudara tahu mengapa saya terjun langsung ke masyarakat, karena saya prihatin akan kasus narkoba yang terjadi di Sidrap akhir-akhir ini,” ujar Jasmin.

Masih menurut Jasmin, dirinya sangat mendukung kegiatan penyuluhan narkoba seperti halnya yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidrap, melalui Badan Kesbangpol bekerjasama NGO Mustadh’afin itu.
“Penyuluhan itu bagian dari upaya preventif (Pencegahan). Saya ingin katakan kalau pencegahan narkoba itu jauh lebih efektif daripada penindakan. Namhn demikian, tidak boleh juga polisi dan jaksa tidak menindak,” tegas Jasmin.
Khusus Kejari Sidrap, sebutnya, akan bersikap profesional dan tidak pandang bulu dalam hal penuntutan para tersangka narkoba. “Dalam hal penuntutan, kami di kejaksaan tidak main-main,” ujarnya.
Persoalan narkoba, sebut Jasmin, bukan hanya menjadi tanggung jawab penegak hukum, seperti polisi, jaksa, dan hakim. Akan tetapi semua elemen masyarakat, utamanya para orang tua.
“Sesungguhnya pencegahan itu jauh lebih efektif dimulai dari lingkungan keluarga. Para bapak dan ibu sebaiknya selalu perhatian kepada anak-anak akan bahaya narkoba, baik dari sisi hukumnya maupun kesehatan,” kata Jasmin.
Selain Jasmin, seperti biasa, acara sosialisasi bahaya narkoba itu juga menghadirkan sejumlah pemateri lainnya, seperti Kepala Kesbangpol Sidrap, Makmur Tahayya, Ketua KNPI Sidrap, Abdullah Jabbar,  Kasat Narkoba Polres Sidrap, AKP Indra Waspada Yudha melalui Kaurmintu Satnarkoba Polres Sidrap, BRIPKA Amiruddin, serta penggiat anti narkoba dan HIV-AIDS Sifrap, dr Rusmin.

Sementara itu, Ketua NGO Mustadh’afin, Muh Ahlan mengatakan, acara sosialisasi bahaya narkoba itu diinisiasi oleh Wakil Ketua DPRD Sidrap, Arifin Damis. (Ady)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *