Home / Ajatappareng / Enrekang / UPZ Baraka Enrekang Target 240 Juta Sedekah Tiap Tahun

UPZ Baraka Enrekang Target 240 Juta Sedekah Tiap Tahun

ENREKANG, Penarakyat.com — Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kecamatan Baraka, Kabupaten Enrekang menargetkan pengumpulan sedekah sebanyak 240 juta tiap tahun atau Rp 20 juta per bulan.

Hal tersebut dilakukan mengingat jumlah Muzakki berbasis kartu keluarga (KK) mencapai 4.000 se kecamatan Baraka.

Caranya, dengan menerapkan kotak sedekah disetiap rumah. Sehingga diharapkan setiap rumah dalam satu bulan mengeluarkan sedekah sebesar Rp 5.000.

Dengan uang Rp 5.000 dikali 4.000 KK maka menghasilan Rp 20.000.000 per bulan atau 240.000.000 per tahun.

Namun, besaran Rp 5.000 per rumah tangga itu bukanlah paksaan. Itu baru satu jenis program sedekah saja dan masih ada bentuk sedekah lain seperti sedekah subuh yang akan dijalankan.

“Ini sangat realistis. Itu baru sedekah saja. Kita akan pasang kotak sedekah setiap rumah. Ini inovasi kita untuk memaksimalkan ZIS,” kata Ketua UPZ Kecamatan Baraka, Hadirman usai rapat perdana internal di Aula Kantor KUA Kecamatan Baraka Selasa (13/10/2021).

Hal itu perjelas juga oleh salah satu anggota UPZ Kecamatan Baraka, Rudi Hartono atau yang akrab disapa Rudi Rumbo.

Dia menjelaskan bahwa potensi Zakat, Infaq, Sedekah (ZIS) di Kecamatan Baraka sangat besar.

“Potensi inilah yang mau dan akan kita kelola dengan maksimal,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga akan berkolaborasi dengan pemerintah setempat dalam hal ini pihak Kecamatan dan Desa dengan cara mendorong terciptanya Peraturan Desa (Perdes) tentang zakat, infaq dan sedekah (ZIS) untuk mengoptimalkan pengumpulan ZIS di wilayahnya.

Rudi juga memastikan bahwa para mustahik atau penerima manfaat ZIS yang berdasar pada 8 ashnaf sesuai surat At-Taubah ayat 60 itu tepat sasaran.

“Kita berbasis data. Jadi semua penerima manfaat nanti berdasarkan data ril lapangan yang diketahui oleh pemerintah setempat,” tuturnya.

Dirinya juga mengingatkan kepada muzakki agar tidak sungkan-sungkan untuk mengeluarkan sebagian harta yang dimiliki sebagaimana yang dijelaskan dalam surat At-Taubah ayat 103.

Mesti diyakini bahwa setiap harta yang dikeluarkan tidak akan berkurang sedikit, justru akan bertambah berkali-kali lipat.

Untuk itu, pihaknya berharap dukungan dan partisipasi seluruh masyarakat Kecamatan Baraka atau muzakki agar aktif dalam mengikuti program tersebut karna pada hakikatnya ZIS para muzakki sangat membantu masyarakat (sesuai 8 ashnaf) dan juga meningkatkan ekonomi umat. (Sudi/Mbass)

About penarakyatcr1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful