Bendungan Jebol, Dua Desa Diterjang Banjir

Bendungan Jebol, Dua Desa Diterjang Banjir

SOPPENG, penarakyat.com — Akibat sayap bendungan Toddang Saloe yang ada di Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng Jebol, dua desa di kecamatan tersebut diterjang banjir, sedikitnya, ratusan rumah warga tergenang air setinggi satu meter, Jumat dini hari (12/02/2016)

“Air menerjang pemukiman warga sekitar pukul 01.00 dini hari, karena air datang tiba-tiba, ratusan warga di dua desa menjadi panik,” kata kepala Dusun Empagae, Desa Kessing Kecamatan Donri-donri, Nur Alam Abra.

Kepala Dusun dengan perawakan tinggi dan bercambang ini, mengungkapkan, ‎sayap bendungan tersebut, sudah pernah jebol lima tahun lalu. Sebagai langkah antisipasi, sayap bendungan ini ditanggul sementara dengan menggunakan karung yang berisi tanah.

“Namun, saat hujan kemarin, tanggul kembali jebol, sehingga air menggenangi ratusan pemukiman warga,” katanya.

Menurutnya, tiap tahun perbaikan bendungan tersebut selalu diusulkan, namun tidak pernah dihiraukan oleh pihak terkait. Bahkan pihak terkait, seolah tidak mengindahkan usulan warga.

“Nah, sekarang kita bisa liat, kerugian akibat jebolnya tanggul ini mencapai ratusan juta rupiah, karena bukan hanya pemukiman warga yang terendam banjir, tetapi juga lahan persawahan dan perkebunan warga,” katanya.

Untuk itu, pihaknya berharap Pemerintah Kabupaten Soppeng segera mencarikan solusi dan mendengar usulan warga terkait perbaikan bendungan. “Ini harus menjadi prioritas pemerintah untuk diperbaiki,” katanya. (Has)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *