Jelang Pilkada Sidrap, Jika Pemungutan Suara Saat Ini, Suara Syaharuddin Alrif Capai 63, 50 Persen

Jelang Pilkada Sidrap, Jika Pemungutan Suara Saat Ini, Suara Syaharuddin Alrif Capai 63, 50 Persen

SIDRAP, Penarakyat.com — Partai NasDem Sidrap merilis hasil survei internal terbarunya, Kamis, 16 Mei 2024.

Berdasarkan hasil survei yang dilaksanakan sejak 30 April 2024 hingga 7 Mei 2024, menggambarkan elektabilitas Bakal Calon Bupati Sidrap, H. Syaharuddin Alrif, meraih pencapaian yang mengesankan sebesar 63,50 persen.

Hasil survei yang dilakukan melalui pendekatan saintis Menggunakan Mix Methode (metode multistage random sampling and FGD) itu, dibacakan Abdul Jabbar, Koordinator Juru Bicara (Jubir) Bakal Calon Bupati Sidrap, H. Syaharuddin Alrif, di Kantor DPD NasDem Sidrap, Jl Jenderal Sudirman Pangkajene, Kamis, 16 Mei 2024.

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua BAPPILU NasDem Sidrap, H. Bahrul Appas, serta Tim Management Kabupaten SAR yang diwakili oleh Ketua Restorasi Muda Sulsel, Darwin Daru, dan Bunyamin.

Mereka menonjolkan data elektabilitas yang menegaskan keterpilihan H. Syaharuddin Alrif di mata masyarakat Sidrap.

Dihadapan sejumlah media, Abdul Jabbar menyampaikan bahwa survei khusus untuk Focuss Group Disscussion (FGD) tersebut, dilakukan perdesa/ kelurahan di 106 desa/kelurahan di Sidrap.

Total ada 800 sampel yang tersebar proporsional di masing-masing desa/kelurahan, dengan persentase; Laki-laki 49,75 persen dan Perempuan 50,25 persen.

Adapun survei internal tersebut, kata dia, juga menyajikan data elektabilitas bakal calon lainnya, antara lain, H. Mahmud Yusuf dengan 3 persen, Mahsur Bin Mohd 1,88 persen, H. Zulkifli Zain 1,63 persen.

Sementara itu, sebagian responden menyatakan tidak mengetahui atau memilih untuk merahasiakan preferensinya sebesar 29,38 persen.

Menyikapi hasil survei ini, Ketua Bappilu NasDem Sidrap, H Bahrul Appas menyatakan kesiapan partainya menyambut Pilkada 2024 dengan penuh semangat dan optimisme.

Data riset yang dilakukan oleh Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai NasDem ini, bebernya, bekerja sama dengan salah satu lembaga independen dalam memberikan gambaran yang komprehensif tentang preferensi masyarakat Kabupaten Sidrap.

Adapun preferensi responden, kata H Bahrul Appas, juga berdasarkan latar pendidikan menunjukkan bahwa 30,88 persen responden memiliki latar pendidikan SLTP/Sederajat, 29,75 persen SLTA/Sederajat, 29 persen SD/Sederajat, dan 9,26 persen pendidikan tinggi.

Demikian halnya, data pekerjaan responden menunjukkan bahwa mayoritas responden adalah ibu rumah tangga (32,88%), diikuti oleh petani (29%), wiraswasta (19,75%), dan pekerja informal (2,75%). Dalam hal agama, mayoritas responden adalah pemeluk Islam (91,75%), diikuti oleh To Wani Tolotang (5,88%) dan Kristen (2%).

Data ini, kata H Bahrul Appas, setidaknya memberikan gambaran yang kuat tentang dinamika politik dan preferensi masyarakat Sidrap menjelang Pilkada 2024.

Dengan elektabilitas yang menguat, NasDem yakin untuk meraih sukses pada pesta demokrasi mendatang. (Riss)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *