Ini Inovasi SMK Larompong Luwu Mampu Olah Limbah Plastik Jadi BBM

image
Siswa SMK Negeri 1 Larompong, Kabupaten Luwu. Mereka mampu memanfaatkan sampah plastik berupa botol minuman air mineral dan jenis sampah plastik lainnya menjadi BBM alternatif, berupa bensin dan solar.

MAKASSAR — Festival Pelajar Sulsel #1menjadi ajang kreasi tandingan pelajar sekolah menengah kejuruan (SMK) dari berbagai kabupaten/kota di Sulawesi Selatan.

Setidaknya 100 lebih stand milik siswa SMK memamerkan keahlian mereka dalam berinovasi.

Salah satunya siswa SMK Negeri 1 Larompong, Kabupaten Luwu. Mereka mampu memanfaatkan sampah plastik berupa botol minuman air mineral dan jenis sampah plastik lainnya menjadi BBM alternatif, berupa bensin dan solar.

Pengolahan limbah plastik menjadi BBM alternatif ini hanya menggunakan bahan sederhana, yakni memasak limbah plastik dengan air dan menyuling uapnya menggunakan pipa ke dalam tempayan.

Uap ini didinginkan dengan air es melalui proses condensor dan hasilnya adalah uap berkandungan oktan seperti laiknya bensin. BBM hasil olahan limbah ini bahkan mudah terbakar saat didemonstrasikan.

“Jika di SMK lain menghasilkan BBM dari limbah plastik dengan menggunakan mesin, kami hanya mencoba dengan peralatan sederhana yang lebih efisien dan hemat biaya. Kerjanya juga cukup mudah,” kata Emrayani, siswa SMK Larompong di sela kesibukannya di festival ini Sabtu 15 Oktober 2016. (atho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *