Taklukkan Jalur 45, Witarsa Aji Motivasi Ratusan Rider Adventure

Taklukkan Jalur 45, Witarsa Aji Motivasi Ratusan Rider Adventure

SIDRAP, Penarakyat.com — Kapolres Sidrap AKBP Witarsa Aji, SIk, SHMH, terjun langsung dalam event Trail Adventure yang digelar di Sirkuit RMS Land Rappang Kecamatan Panca Rijang, Sidrap, Sabtu (28/10/2017).

Dalam agenda latihan bersama (Latber) ini, Kapolres Sidrap punya trik tersendiri dalam memberikan semangat kepada para rider trail adventure yang menjajaki ektrimnya jalur-jalur yang dilalui tersebut.

Dari sekian banyak medan yang dilalui dari tiga wilayah kecamatan yaitu Baranti Panca Rijang dan Kulo dengan jarak tempuh 70 kilometer. Ada satu jalur paling ekstrim dan menguras tenaga para peserta. Medan tanjakan dengan kemiringan hingga 45 derajat ini disebut jalur 45.

Bagi para rider, jalur ini juga disebut-sebut lembah neraka karena kondisi medannya paling terekstrim yang ada di Sidrap, bahkan di Sulsel. Jalur yang berada di kampung Tanrianging, Desa Kulo kecamatan Kulo ini, ditemukan dan dirintis pertama kali oleh Kapolres Sidrap bersama personil Bhayangkara Trail Adventure (Bhatac) binaan Polres Sidrap.

Kebetulan perwira dua bunga dipundaknya ini juga hobbi Trail dan berpertualang menaklukkan wilayah terpencil yang ada di kabupaten Sidrap.

Dari 671 peserta Latber trail ini, 40 persen diantara peserta yang berhasil menaklukkan jalur mematikan tersebut. Tak sedikit banyak peserta jatuh bangun menanjaki ekstrimnya jalur 45 yang berjarak 150 meter ini.

“Saya sengaja motivasi mereka agar bisa menaklukkan jalur 45 yang kemiringannya 45 derajat dari ketinggian 1200 meter dari permukaan laut. Luar biasa mereka semua, ada sekitar 300 orang lebih yang berhasil tembus hingga kepuncak,”lontar Witarsa Aji bersemangat.

Mantan Kapolres Enrekang ini, mengaku terinspirasi memberi nama jalur 45 itu karena daerah tersebut merupakan basis pertempuran dan perjuangan oleh para pejuang 45 Laskar Ganggawa.

“Kita dedikasikan jasa-jasa pahlawan pada masa kemerdekaan itu. Begitu besar perjuangan mereka dengan medan yang berat seperti ini. Alhamdulillah para rider ini juga bersemangat 45 menaklukkan jalur ekstrim ini,”tegasnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Latber Trail Adventure A. Randy Kalaolao menambahkan kegiatan ini merupakan rankaian Pameran Automotif yang digagas Bupati Sidrap H Rusdi Masse. Peserta yang hadir itu dari berbagai daerah di Sulsel yang diundang khusus latihan bersama.

“Ada puluhan klub kami undang dari berbagai daerah Seperti Parepare, Pinrang, Soppeng, Wajo dan Makassar. Ini merupakan ajang silaturahmi antar rider trail dan tujuannya untuk menambah jalinan silaturahim sesama pecinta otomotif,”tandasnya. (Ady)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *