Panen Raya di Soppeng, Mentan RI Berikan Bantuan Pertanian

Panen Raya di Soppeng, Mentan RI Berikan Bantuan Pertanian

Menteri Pertanian (Mentan) RI Andi Amran Sulaiman melakukan kunjungan ke Kab. Soppeng untuk melakukan pertemuan koordinasi sekaligus panen raya program “Serap Gabah Petani (Sergab)” dalam rangka Upaya Khusus (Upsus) Swasembada Pangan, di Kelurahan Salokaraja, Kecamatan Lalabata, Kabupaten Soppeng, Selasa (05/04/2016).

Tiba di lokasi panen raya, Mentan disambut oleh Bupati Andi Kaswadi Razak, Wakil Bupati Supriansa, pimpinan Forkopimda Kab. Soppeng, pimpinan dan jajaran SKPD serta Camat se Kab. Soppeng, langsung melakukan panen raya di areal persawahan wilayah Kelompok Tani Luppangnge.

Meskipun dalam keadaan kurang sehat, Mentan Andi Amran tetap meluangkan waktunya ke Kab. Soppeng. “perjalanan 22 hari kami keliling beberapa daerah di Jawa, Sumatera dan Sulawesi, dan sekarang tiba di Soppeng. Selain kunjungan kerja kami juga ingin bernostalgia di Soppeng, kami sudah mendengar kendala dan permohonan dari Bupati Soppeng, saatnya kita kerja, kerja, dan terus bekerja” ucapnya.

Dengan kunjungan Mentan tersebut, Bupati Soppeng mengharapkan adanya angin segar demi keberlanjutan proses pembangunan khususnya pembangunan sektor pertanian di Kabupaten Soppeng.

“dalam upaya mencapai sukses pembangunan pertanian salah satu upaya yang dilakukan pemerintah saat ini adalah pencapaian swasembada pangan melalui Upsus Pajale yang harus didukung oleh seluruh lapisan pemerintahan mulai pusat sampai daerah, TNI dan Polri termasuk komponen masyarakat dan dunia usaha” terangnya.

Bupati yang juga mantan Ketua DPRD Soppeng itu juga memaparkan tentang perkembangan program Upsus Padi, Jagung dan Kedelai (Pajale) untuk musim tanam Oktober-Maret 2015/2016. Selain itu, ia juga mengharapkan arahan dan adanya bantuan dalam menyelesaikan berbagai kendala yang dihadapi dalam upaya mendukung suksesnya pencapaian swasembada pangan di bumi Latemmamala.

“sebagai salah satu daerah penyangga pangan di Propinsi Sul-Sel, saat ini daerah kami masih menghadapi berbagai kendala dalam upaya mendorong meningkatkan produksi pertanian” ujarnya.

Mendengar hal itu, Mentan Andi Amran Sulaiman pun langsung menanggapinya dengan memberikan bantuan untuk pertanian di Kabupaten Soppeng.

“keluhannya tadi kami akan bantu, harga jagung yang sekarang di Soppeng Rp. 2.000 mulai sekarang kita putuskan Bulog membeli Rp. 2.700, petani bisa bawa langsung ke Bulog, jangan pakai perantara” tegasnya.

Bantuan lainpun berupa benih juga diberikan untuk Petani di Soppeng. “bantuan untuk 10.000 hektar benih jagung untuk masyarakat Soppeng, nanti kepala Badan kirimi benih jagung yang bagus, janji untuk langsung tanam benih jagungnya” ucapnya.

Selain itu, bantuan mesin pompa dan Alsintan juga turut dijanjikan untuk pertanian di Kab. Soppeng. 

Mengenai kesejahteraan petani, Menteri Pertanian juga berkomitmen akan terus menekan impor beras masuk di Indonesia, karena menurutnya import yang terjadi akan melemahkan petani di Indonesia.

“import itu melemahkan petani kita, eksport itu menguatkan petani kita, kami akan tekan terus import beras masuk ke Indonesia bilamana anda bisa berproduksi” ujarnya.

Dalam kunjungan tersebut hadir pula Anggota DPR RI dari Komisi IV yakni Muhammad Nasyit Umar, dan Andi Akmal Pasluddin, Deputi Perum Bulog Bidang Keuangan Iryanto Hutagaol, Birgjen TNI M. Akib  dari Sterad Mabes TNI, Kolonel Inf. Suripto, Kadis Pertanian Provinsi Sul-Sel dan beberapa undangan lainnya. (Cr1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *