Wakapolres Wajo Ingatkan Netralitas dan Profesionalitas Pengawas Pemilu

WAJO, penarakyat.com — Wakapolres Wajo,Kompol Hardjoko mewanti-wanti pengawas pemilu untuk tetap menjaga, dan menjunjung tinggi netralitas dan profesionalitas dalam melaksanakan tugas pengawasan.
Hal tersebut diungkapkan, pada rapat penyelenggaraan Penanganan Pelanggaran Pencalonan Presiden dan Wakil Presiden, DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota, yang digelar oleh Bawaslu Kabupaten Wajo, di salah satu hotel di Sengkang, Ahad 8 Oktober.
Rapat ini sendiri dihadiri oleh Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, bersama Divisi Hukum Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Panwascam se Kabupaten Wajo. Selain Panwascam, juga terlihat hadir unsur Gakkumdu dari Kepolisian dan Kejaksaan.
“Pengawas pemilu ibarat wasit, untuk itu saya mewanti-wanti kepada teman pengawas pemilu untuk menjaga netralitas dan profesionalitas,” kata Wakapolres yang juga merupakan Pembina Gakkumdu unsur Kepolisian.
Menurutnya, dengan adanya pengawas pemilu, menandakan ada sesuatu atau indikasi pelanggaran yang perlu diawasi, sehingga dalam bekerja profesionalitas harus dikedepankan.
“Sekali lagi saya ingatkan, jangan sampai yang melakukan pengawasan justeru melanggar,” katanya.
Dia juga berharap, agar para pengawas pemilu mempersiapkan diri dengan menentukan titik-titik krusial pelanggaran pemilu. Selain itu, juga membangun sinergitas dan koordinasi dengan berbagai pihak terkait, terutama unsur Gakkumdu.
“Saya sudah tekankan ke penyidik saya yang tergabung dalam unsur Gakkumdu, untuk tidak ragu memproses pelanggaran pemilu sesuai dengan aturan dan norma yang ada,” tegasnya.
Ketua Bawaslu Wajo, Andi Hasnadi saat membuka acara tersebut berharap pengawas pemilu tingkat kecamatan ketika mengalami kendala di lapangan agar tidak canggung melakukan koordinasi.
Senada dengan hal tersebut, Koordiv Penanganan Pelanggaran dan Data Informasi Bawaslu Kabupaten Wajo, Herwan berharap selain koordinasi satu tingkat keatas, panwascam juga diharapkan tidak bosan dalam membaca aturan yang ada demi kepentingan tugas di lapangan. (Jum)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *